Informasi seputar Bantul

27 sekolah tinggi dan universitas di Bantul

Foto: Dok. Kemenhub

Berikut ini 27 sekolah tinggi dan universitas di Bantul

Bantul, salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki cukup banyak kampus. Sebagaimana Kota Yogyakarta, Bantul juga ramai dengan aktivitas pelajar yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Nah, jika Anda sedang mencari kampus di Sleman, daftar nama kampus di kabupaten Bantul dapat membantu Anda.

Kampus di Bantul

Kampus di Bantul terdiri dari universitas, politeknik, akademi, dan sekolah tinggi yang terkenal seperti UMY, UMB, dan ISI. Meskipun cukup populer, banyak yang menyangka kampus-kampus tersebut terletak di Kota Yogyakarta.

Daftar Perguruan Tinggi di Bantul

Perguruan-perguruan tinggi di Kabupaten Bantul tersebar di beberapa kecamatan seperti Bantul, Sewon, dan Kasihan. Berikut ini beberapa kampus dalam daftar nama kampus di kabupaten Bantul yang paling banyak diminati.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Kampus UMY beralamat, Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas swasta di bawah naungan organisasi Muhammadiyah ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1981. Lokasi perkuliahan pertama digelar di gedung SPG Muhammadiyah 1.
Saat ini UMY telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT yang diperoleh pada tahun 2013. Kampus ini mempunyai 9 fakultas dengan 35 jurusan yaitu Fakultas Agama Islam, Ekonomi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Pertanian, Teknik, Isipol, Pendidikan Bahasa, dan Program Vokasi atau Politeknik UMY.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta berdiri pada tahun 1984. Nama Universitas Mercu Buana (UMB) baru digunakan sejak tahun 2008. Saat ini, UMB telah mempunyai 6 fakultas yaitu Fakultas Agroindustri, Ekonomi, Psikologi, Keguruan, Ilmu Komunikasi, dan Teknologi Informasi.

Universitas PGRI Yogyakarta

Beralamat di Jalan PGRI I No. 117 Sonosewu,Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, semula kampus ini bernama IKIP PGRI Yogyakarta. Universitas PGRI membuka jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Sejarah.

Baca jugaFakta Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta hadir atas prakarsaKementerian Perindustrian Republik Indonesia. Ada tiga jurusan yang ditawarkan yaitu Teknologi Pengolahan Kulit dengan akreditasi C, Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik, dan Teknologi Pengolahan Produk Kulit yang terakreditasi B.
Perguruan tinggi kedinasan ini beralamat di Jalan Ringroad Selatan Panggungharjo, Kabupaten Bantul, D I Yogyakarta.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Untuk mewujudkan lahirnya sumber daya yang unggul di bidang kedirgantaraan, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta didirikan pada tanggal 27 November 1995. Saat ini kampus yang beralamat di Jalan Parangtritis Km. 4,5 Sewon, Bantul membuka 4 program studi yaitu Aeronautika, Ground Handling, Manajemen Transportasi Udara, dan Pramugari.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Alma Ata

STIKES Alma Ata didirikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas di masyarakat dengan mengedepankan ilmu pengetahuan, profesionalisme, dan akhlakul karimah.
Kampus ini hadir dengan dua prodi yaitu S1 Ilmu Keperawatan dan D3 Kebidanan. Sekolah tinggi yang beralamat di Jalan Ringroad Barat Daya No. 1Tamantirto, Kasihan, Bantul tersebut telah banyak meluluskan calon tenaga kesehatan yang kini berkarir di dalam dan luar negeri.

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta merupakan satu dari beberapa perguruan tinggi negeri yang fokus dalam bidang seni. Kampus ISI beralamat di Jalan Parangtritis Km 7, Sewon,Kabupaten Bantul, DIY. Di dalamnya terdapat berbagai pilihan program studi pada Fakultas Seni Pertunjukan, Seni Rupa, dan Seni Media Rekam. Jenjang pendidikannya pun bervariasi, mulai dari D3, D4, S1, S2, hingga S3.

Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBIDYO)

Akademi Kebidanan Yogyakarta menawarkan program studi kebidanan yang dapat menghasilkan alumni yang berkompeten dalam bidang kebidanan dan kesehatan reproduksi. Kampus AKBIDYO beralamat di  Jalan Parangtritis Km. 6 Sewon Bantul Yogyakarta. Informasi lebih lengkap tentang kampus ini bisa dilihat di situs www.akbidyo.ac.id.

STMIK AKAKOM

Kampus STMIK AKAKOM beralamat di Jalan Raya Janti, Karangjambe, Bantul. Kampus ini didirikan pada tanggal 30 Juni 1979 oleh Yayasan Pendidikan Widya Bakti.

Saat ini, STMIK AKAKOM memiliki beberapa program studi yang telah diakui kualitasnya yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi (S1) serta Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Komputerisasi Akuntansi (D3).

Daftar nama kampus di Bantul tersebut tentunya belum memuat semua perguruan tinggi yang ada di kabupaten tersebut. Namun, informasi di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari kampus di Yogyakarta dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.