Informasi seputar Bantul
loginIndeks

Inilah cara membuat Visa, simak alur prosesnya

Tunjukkan dukungan ke korban penembakan, Pemprov DKI munculkan warna-warna bendera Selandia Baru di JPO GBK. (Foto: Dok. Pemprov DKI)

Infobantul.com – Untuk beberapa negara ada yang mempersyaratkan orang yang ingin masuk ke negaranya wajib memiliki paspor dan membuat visa.

Apa itu Visa?

Visa merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara melalui salah satu perwakilan yang isinya berupa izin untuk bisa memasuki negara tersebut. Selain memasuki suatu negara, visa juga sebagai izin untuk meninggalkan negara yang dikunjungi.

Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diajukan di kedutaan atau konsulat negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu. Visa adalah sebuah dokumen resmi yang diperlukan untuk dapat masuk ke negara tujuan dalam periode waktu tertentu. Visa asli yang biasanya di stempel di paspor penerima sangat diperlukan jika seseorang hendak berkunjung ke suatu negara tertentu.

Persyaratan pembuatan visa

Untuk membuat visa, Anda sebaiknya melengkapi sejumlah persyaratan dibawah ini :

  1. Paspor
  2. Formulir permohonan aplikasi
  3. Pas foto sesuai yang diminta Kedubes yang bersangkutan
  4. Surat sponsor, surat keterangan belajar, atau surat keterangan kerja
  5. Bukti keuangan selama 3 bulan terakhir dan fotokopi
  6. Fotokopi KTP dan KK
  7. Jadwal perjalanan
  8. Bukti pemesanan tiket atau tiket pesawat

Membuat visa secara Online

Apabila Anda ingin membuat visa secara online, cukup mengunduh website Kedubes negara tujuan, Anda dapat mengetahui info seputar visa dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

Setelah Anda mengunduh dokumen yang dibutuhkan, Anda akan diarahkan menuju website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi. Nantinya, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email tentang tempat dan waktu verifikasi/wawancara tersebut dilakukan.

Ada beberapa negara yang meminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih jadwal verifikasi/wawancara, salah satunya Amerika Serikat. Adapun pembayaran bisa dilakukan secara online atau via counter Bank.

Setelah membayar, Anda bisa meneruskan proses pendaftaran pada akun dan ketika akan memilih waktu wawancara dokumen, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor slip pembayaran.

Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pembuatan visa

Cara membuat visa selanjutnya, yaitu menyiapkan beberapa dokumen. Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa seperti berikut:

• Paspor
• KTP
• Formulir permohonan
• Foto dan bukti pembayaran visa
• Surat Keterangan Sponsor
• Surat Keterangan Kerja/Belajar
• Dokumen Keuangan
• Jadwal perjalanan dan tiket pesawat
• Surat keterangan kesehatan
• Penyerahan dokumen dan wawancara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *