Informasi seputar Bantul

Puskesmas

Puskesmas itu artinya apa?

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) merupakan fasilitas terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Pusat Kesehatan Masyarakat didirikan di tiap kecamatan di Indonesia. Tiap kecamatan biasanya memiliki satu Pusat Kesehatan Masyarakat. Namun, jika jumlah penduduk dan kebutuhan akan pelayanan kesehatan terbilang besar, maka dapat didirikan lebih dari satu Pusat Kesehatan Masyarakat dalam satu kecamatan.

Apa fungsi dari Puskesmas?

Ada 3 fungsi pokok Pusat Kesehatan Masyarakat, yaitu: Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Apa perbedaan Puskesmas dan rumah sakit?

Pusat Kesehatan Masyarakat mempunyai wilayah kerja sedangkan rumah sakit tidak. Perbedaan pelayanan diantara kedua bentuk pelayanan tersebut dapat dilihat dan berbagai aspek, yaitu tempat kegiatan, jenis pasien yang dilayani, ruang lingkup pelayanan perhatian utama, dan sasaran pelayanan.

Pusat Kesehatan Masyarakat bergerak di bidang apa?

Puskesmas merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kabupaten/kota.

Apakah Pusat Kesehatan Masyarakat termasuk Dinas kesehatan?

Beberapa pelayanan diberikan kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan itu sendiri, seperti PKK dan Puskesmas.

Apakah Pusat Kesehatan Masyarakat sama dengan rumah sakit pemerintah?

Pusat Kesehatan Masyarakat adalah unit pelayanan kesehatan milik pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan masyarakat untuk wilayah kecamatan, sebagian kecamatan, atau kelurahan.

Apa saja yang harus dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat?

Kelengkapan dokumen yang harus anda bawa ketika akan melakukan pendaftaran di Pusat Kesehatan Masyarakat  :

  • Fotocopy KTP dan KK.
  • Fotocopy BPJS (apabila Anda memiliki)
  • Kartu Berobat (apabila Anda sudah terdaftar sebagai pasien)
  • PASTIKAN ANDA TETAP MENERAPKAN DAN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN.

Apakah berobat ke puskesmas gratis?

Sejak awal Pusat Kesehatan Masyarakat memang disetting untuk melayani masyarakatkecil, maka tak heran, biaya pengobatan disini relatif murah bahkan gratis. Hanya dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cari Puskesmas

Cari Nama atau Lokasi Pusat Kesehatan Masyarakat

Telusuri Pusat Kesehatan Masyarakat Berdasarkan