Informasi seputar Bantul

Makanan khas Bantul yang perlu di ketahui, ini 10 yang terkenal

makanan khas bantul

Apa makanan khas Bantul?

Makanan khas bantul apa saja sih? sekedar info bahwa Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan sederet hidangan lezat yang menjadi kebanggaan. Membahas kuliner di Bantul tak ada habisnya, disamping variasinya yang banyak, rasanya yang enak menjadikan ingin kembali ke Bantul.

Makanan khas Bantul berikut ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang wajib dicicipi penggemar kuliner. Apa saja? Yuk simak uraiannya!

Sate Klatak

Kuliner wajib di Bantul kali ini adalah sate klatak. Sate klatak merupakan daging kambing muda yang telah dibumbui dan kemudian dibakar di atas arang. Menu sate klatak biasanya dimakan bersama kuah gulai yang menambah cita rasa dari hidangan ini.

Mie lethek

Mie lethek merupakan salah satu makanan khas Bantul yang terkenal. Dinamakan mie lethek karena warnanya yang kusam dan gelap, sehingga terkesan lethek (kotor atau lusuh). Meski begitu, mi yang terbuat dari tepung singkong ini punya cita rasa yang lezat. Mie lethek biasa disajikan goreng maupun kuah.

Bakmi Pentil

Bentuk minya besar dan panjang-panjang. Bakmi pentil juga memiliki dua warna yang menjadi ciri khasnya yaitu warna kuning dan putih, serta tekstur yang kenyal.

Miedes

Miedes merupakan akronim dari bakmi pedes. Makanan khas Bantul ini memiliki cita rasa pedas. Alih-alih tepung terigu, mie yang satu ini menggunakan bahan baku ketela dan diproses dengan cara digiling bukan diiris seperti mie-mie pada umumnya.

Gudeg Manggar

Bantul memiliki gudeg yang terbilang spesial, yaitu gudeg manggar. Konon, manggar atau bunga kelapa adalah versi orisinal dari gudeg sebelum diganti dengan nangka. Ini mengingat manggar cukup langka dan mahal.

Peyek Tumpuk

Peyek tumpuk memiliki bentuk yang tidak beraturan. Sekilas bulat, sekilas terlihat lonjong. Bahan dasar dari peyek ini adalah kacang tanah yang ditumpukkan sampai menyatu padu dan itulah yang mendasari penamaan peyek tumpuk.

Mangut lele

Mangut lele dibuat dari ikan lele yang diasap terlebih dulu, kemudian dimasak dengan kuah santan bercita rasa pedas. Daging lele asap yang lembut dan gurih berpadu dengan lezatnya kuah pedas bersantan, dijamin bikin nagih.

Sate kronyos

Sate kronyos mungkin belum sepopuler sate klatak. Tapi, sate yang satu ini gak kalah nikmat, lho. Sate kronyos dibuat dari bahan dasar koyor/gajih dan lemak sapi. Sate ini memiliki cita rasa gurih dan berlemak, cocok untuk disantap bersama lontong sayur.

Ayam ingkung

Ayam ingkung menjadi salah satu menu tradisional yang sudah ada sejak lama. Dahulu biasa disajikan sebagai lauk tumpeng pada acara-acara tertentu, kini ingkung menjadi kuliner yang banyak diburu.

Ayam ingkung ini diolah dengan memasak ayam secara utuh, tanpa dipotong-potong. Karena utuh, biasanya hidangan ini disajikan bagi 3-4 orang.

Geplak

Kue yang satu ini merupakan jajanan tradisional khas bantul yang masih eksis hingga saat ini. Kue ini berbahan dasar kelapa parut yang diolah bersamaan dengan tepung dan gula sampai berbentuk bulat dan menghasilkan warna yang beragam.

Demikianlah beberapa makanan khas Bantul yang bisa jadi referensi kamu ketika lagi kulineran di Bantul. Segera ke Bantul dan langsung saja cicipi yang kamu suka.

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.