Tempat wisata sekitar sedayu Bantul

bantul

Sedayu adalah salah satu Lokasi di Kab. Bantul, Prov. Di Yogyakarta yang memiliki 4 Kelurahan Yaitu ArgodadiArgomulyoArgorejo, dan Argosari. Berikut ini yakni Kawasan Populer di sekitar Kec. Sedayu, Bantul untuk kalian jika Hendak Liburan:

Berikut ini tempat wisata sekitar sedayu Bantul
  1. Citra Grand Mutiara Water Park
  2. Museum Soeharto
  3. Karst Tubing Sedayu
  4. Goa Payaman
  5. Bumi Perkemahan Goa Payaman
  6. Kolam Renang Wisata Agro Argorejo
  7. BATU TUMPUK Kedung Watu BRONGKOL
  8. Gamplong Studio Alam
  9. Desa Wisata Gamplong
  10. Bendungan Karang Jati
  11. Gua Maria Jurang Metes
  12. SENDANG TIRTO ARIS
  13. Desa Wisata Sangubanyu
  14. Polaman River Tubing

Sedayu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Propinsi DI Yogyakarta. Kecamatan ini berada di sebelah barat laut Ibukota Kabupaten Bantul. Di sinilah, tepatnya di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, tempat kelahiran mantan Presiden Soeharto.

Kecamatan Sedayu berada di dataran rendah, Ibukota kecamatannya terletak 87.50 meter di atas permukaan laut, dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Ibukota Kabupaten Bantul.

Wilayah Utama Sedayu

Batas-batas wilayah Sedayu adalah,

  • Sebelah Utara: Kecamatan Moyudan dan Godean
  • Sebelah Timur: Kecamatan Gamping
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Pajangan
  • Sebelah Barat: Kecamatan Sentolo da Wates

Desa-desa di wilayah administrasi Kecamatan Sedayu, antara lain,

  • Desa Argodadi
  • Desa Argorejo
  • Desa Argosari
  • Desa Argomulyo

Sejarah Sedayu

Sedayu yang merupakan bagian dari Bantul, turut menyimpan banyak kisah kepahlawanan. Antara lain, perjuangan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang, Sultan Agung di Pleret, Pangeran Dipenogoro di Selarong, dan pioneer penerbangan Indonesia Adisucipto, yang pesawatnya jatuh ditembak Belanda di Desa Ngoto. Selain itu wilayah ini juga berperan dalam Serangan Umum 1 Maret pada tahun 1949 yang dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Namun perjuangan Pangeran Dipenogoro kemudian diredam oleh Pemerintah Hindia Belanda, yang kemudian membentuk komisi khusus untuk menangani pemerintah daerah Mataram, Pajang, Sokawati, dan Gunung Kidul. Pemerintah Hindia Belanda dan Sultan Yogyakarta lantas bekerjasama mengenai pembagian wilayah administratif kesultanan yang baru, yaitu membagi wilayah Kesultanan Yogyakarta ke dalam tiga kabupaten, yaitu Bantulkarang di Selatan, Denggung di Utara, dan Kalasan di Timur. Kontrak ini dibuat pada tanggal 26 dan 31 Maret 1831. Lalu pada tanggal 20 Juli 1831, Bantulkarang secara resmi ditetapkan sebagai Kabupaten Bantul. Maka tanggal ini pun diperingati selayaknya hari jadi Kabupaten Bantul.

Cara Pergi ke Sedayu

Untuk mencapai Sedayu, Anda bisa menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan jurusan Yogya – Sedayu – Gesikan. Jika menggunakan kendaraan peribadi, Anda bisa bertolak dari Yogyakarta ke arah Barat Menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua rute Yogyakarta ke arah barat dengan melintasi Jalan Raya Yogya Wates, hingga sampai di perempatan Sedayu atau kilometer 12 lalu belok kiri.